ICE BREAKER, APAAN TUH???

Alhamdulillah, malam ini, Sabtu, 15 Juli 2023 bisa belajar "Ice Breaker" bersama Kak Kusumo Suryoharjuno, pakar Ice Beraker, Trainer Outbound, Inspirator Pendidikan bidang Smart Teaching for Teacher, Penulis buku 100+ Ice Breaker Penyemangat Belajar melalui WhatsApp Chatt.

Apaan sih, Ice Beraker itu?
kalo semua sudah mencoba,
kita lanjut materinya sambil bunda yanda terus berlatih

Apa sih "Ice Breaker" itu dan apa fungsinya?

Istilah Ice Breaker berasal dari Bahasa Inggris. Ice artinya beku, sedangkan breaker berarti pemecah. Ice Breaker bermakna mencairkan suasana belajar di kelas yang sebelumnya kaku, monoton, membosankan menjadi bergairah, menyemangati dan menyenangkan bagi siswa sehingga mereka kembali bergairah dalam belajarnya.

Ada 4 fungsi utama ice breaker dalam pembelajaran :
1. Jeda pembelajaran ketika jenuh
2. Penyeimbang otak kanan dengan otak kiri
3. Cara termudah otak untuk menyerap informasi, berkomunikasi dan bersosialisasi
4. Sarana pendekatan kepada siswa

Kapan waktu yang tepat memberikan ice breaker?

Tentu, kita harus menyesuaikan dengan tingkat usia anak yang kita hadapi. Tingkat usia anak berbanding lurus dengan tingkat konsentrasinya, maksudnya berbanding lurus 1 tahun = 1 menit

Ada 6 Aspek Perkembangan dengan Metode Perkenalan sambil menggerakkan Jari-Jemari :
1. Aspek Fisik Motorik
Aspek Fisik Motorik yaitu adanya gerakan di semua jari tangan

2. Aspek Bahasa
Aspek Bahasa yaitu adanya kata kata yang diucapkan saat menggerakkan jari

3. Aspek Sosem (Sosial Emosional)
Pada aspek ini anak-anak belajar bersosialisasi dengan mengenalkan dirinya kepada temannya

4. Aspek Seni
Pada aspek seni berisi nada / intonasi suara

5. Aspek Kognitif
Pada aspek ini, jari-jemari yang sama / sejenis dipertemukan, misalnya ibu jari kanan menempel sejajar dengan ibu jari kiri, dst

6. Aspek Agama
Pada aspek Agama tentu ada adab / sopan santun saat menyampaikan perkenalan

Beberapa Contoh Ice Breaker:
1. Perkenalan yang menggunakan Jari-Jemari :
Tok tok tok (ibu jari)
Ada siapa ada siapa (jari kelingking)
Kak Kusumo Kak Kusumo (jari telunjuk)
Di mana di mana (jari manis)
Itu dia itu dia (jari tengah)

Catatan : Gerakkan Jari Buka Tutup untuk Tiap Jari Berpasangan.

2. Menggunakan Aba-Aba
 Aba-aba "HALLO", biasanya di jawab "HAI".
Untuk Variasi dan Konsentrasi saat anak anak di beri aba-aba "HALLO" bisa di ganti dengan Jawaban "FOKUS", menjawabnya sambil menggerakkan jari telunjuk tangan kanan menyentuh bagian samping kanan dahi (otak) yang ada di kepala.

3. Mengenalkan Arah/Posisi 
Pengenalan arah/posisi dalam Bahasa Inggris/Bahasa Arah Kepada Anak dengan Metode Langgam / Lagu

Contohnya :

DIRECTION (ARAH / POSISI)
Where is di mana
In Front of di depan
Behind di belakang
Beside is di samping (2X)

Up above is di atas
Under beneath di bawah
Here over there di sini dan di sana (2X)

Irama Lagu : Anak Kambing Saya

Mengenalkan Arah / Posisi dengan Versi Bahasa Arabnya

Contohnya :

Aina di mana
Amama di depan
Waro'a di belakang
Bi jiwari di samping (2X)

Fawqo ala di atas
Tahta itu di bawah
Huna Hunaka di sini dan di sana (2X)

Irama Lagu : Anak Kambing Saya


4. Senam Otak
Bernyanyi dengan Angka :

Angka 1 : Angkat jari Telunjuk
Angka 2 : Angkat jari Tengah dan Manis
Angka 3 : Angkat Ibu jari,Telunjuk dan Kelingking
Angka 4 : Angkat semua jari kecuali Kelingking
Angka 5 : Angkat semua jari

Mulai Bernyanyi : 
"satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan
siapa rajin ke sekolah cari ilmu sampai dapat
sungguh senang amat senang
bangun pagi pagi sungguh senang" (AT Mahmud)

Ubah Lirik Lagu tersebut menjadi Senam Angka :

1 2 3 4     5 4 3 1
5 4 3 1     2 3 4 5 1 

(tiap baris di ulang 2 kali sambil gerakkan jari jarinya sesuai dengan kode angkanya)

5. "Menggapai Bintang"

Contoh Teksnya :

Tangan Ke Atas Menggapai Bintang,
Tangan ke Samping Burungnya  terbang,
Tangan ke Depan Bertepuk Tangan,
Tangan di Lipat Siap Berdo'a
Tangan di Lipat Siap Belajar

Untuk aba-aba sebelum berdo'a, contohnya :

INI KANANKU INI KIRIKU
KITA SATUKAN LALU BERDO'A
LALU BERDO'A
LALU BERDO'A
( irama lagu "panjang umurnya")

6. Mengenalkan Berbagai Arah / Posisi Kepada Anak

contohnya dengan Aba Aba berikut ini :
(masih menggunakan jari)

1 Ke atas
2 Ke depan
3 Ke Kanan
4 Ke Kiri
5 Ke Bawah
6 Ke Belakang, 
(Sambil Gerakkan Jari Telunjuk Sesuai dengan Aba Aba yang Kita Ucapkan),

Setelah itu bisa dinyanyikan dengan nada "Panjang Umurnya" :

Ini ke Atas
Ini ke Depan
Ini ke Kanan
Ini ke Kiri
Ini ke Bawah
Ini ke Belakang

7. Variasi Tepuk Konsentrasi untuk Awal Pembelajaran

Contohnya :

TEPUK SISWA CERIA
Kalau Kau Siswa Ceria Tepuk Tangan XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Tepuk Paha XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Mari Kita Lakukan Kalau Kau Siswa Ceria Tepuk Bahu XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Petik Jari XXX
Kalau Kau Siswa Ceria Bilang Horee Horee
Kalau Kau Siswa Ceria Mari Kita Lakukan Lakukanlah Semuanya (dari Awal)

Memberi Aba Aba Tepuk dengan Ekspresi Wajah Ceria dan Antusias,
X = jumlah tepukan dan tempo tepukan,
Disertai Gerakan untuk Tiap Tepuk,
Dari irama "Kalau Kau Suka Hati"

8. Menyemangati Anak dengan Lagu ini :

"Aku Anak Juara"

Aku adalah Anak Juara
Selalu Riang Serta Gembira
Karena Aku Rajin Belajar
Tak Kenal Malas ataupun Lelah
Lalalala .....

Setiap Hari Kubaca Buku
Bertukar Ilmu Bersama Guru
Ilmu yang Berkah Indah Barokah
Smangat Belajar tak Pernah Punah
Lalalala .....

( Lirik Lagu "Aku Anak Gembala")

tips :
Menyanyikan bersama Anak dengan Ekspresi Wajah Ceria dan Antusias.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Capability/Ability and Willingness

Perbedaan Kalimat Nominal dan Verbal

P5 dan P2RA, Antara Tantangan, Realita dan Kenicayaan di Madrasah