Mantra Jitu Konsisten Menulis di Blog

 MANTRA JITU KONSISTEN MENULIS DI BLOG

 



Resume            : ke-8
Gelombang      : 28
Hari/ Tanggal : Rabu, 25 Januari 2023
Tema                 : Komitmen Nulis di Blog
Narasumber    : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si
Moderator       : Sigid PN, SH

Para pembaca budiman.

Salam Literasi!!!

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Shallom, Om swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan, Rahayu. 

Alhamdulillah, pertemuan KBMN 28 ke-8 malam ini dilaksanakan melalui zoom. Ini merupakan zoom kedua setelah pembukaan. Dengan Narasumber Drs. Dedi Dwitagama, M.Si dan Moderator Sigid PN, SH. Pak Dedi merupakan seorang guru yang sudah memiliki cucu dan tinggal 2 tahun menjelang masa pension. Beliau mengajar di  SMKN 50 Jakarta mengampu BK. Beliau dikenal sebagai sosok yang ramah, cerdas, komunikatif dan inovatif. Selain mengajar, seringkali menjadi narasumber di pelbagai seminar di penjuru Nusantara.


Mengutip biodata beliau dari internet, setelah diberi kesempatan searching google 2 menit, kita tahu bahwa Pak Dedi tinggal di Jl. E.1 No. 3 Cipinang Muara Raya Jatinegara – Jakarta Timur 13420. Sosok yang low profile menamatkan pendidikan dasar tahun 1976  sampai S-1 tahun 1998 di Jakarta, dan pada tahun 2001tamat S-2 memperoleh gelar M.Si dari ITS Surabaya.

 “… maka jadilah orang hebat”.

(Dedi Dwitagama)

Menurut beliau orang hebat adalah orang yang produktif, punya ide, punya perkembangan, punya gebrakan waktu, efisien, berkembang. Ketika kita menjadi orang yang produktif maka kita tidak mencari sukses tetapi sukses mencari kita. Produktif  artinya mendatangkan/memberi hasil, manfaat bagi orang lain. Jejak digital kita bisa dinikmati orang lain, semisal kita bisa konsisten menulis di blog. Seorang Guru idola, Guru Penggerak, Doktor, Profesor yang baik mengajarnya tetapi tidak serta merta muncul di internet kalau kita tidak merekam/menuangkannya di internet (Blog, Instagram, Youtube, Facebook, dll) secara konsisten. 


Cara Menulis di Blog

Blog adalah sebuah jurnal online yang sering di-update, bahkan setiap hari. Blog ibarat cara untuk mengetahui kabar tentang teman atau anggota keluarga tanpa perlu menghubungi mereka lewat telepon. Terkadang para blogger pemula masih kesulitan untuk mendapatkan pembaca/pengunjung setia blog mereka.

 1.   Mengembangkan gaya penulisan

 Bila ingin memiliki gaya penulisan yang menarik, perlu banyak membaca. Bacalah novel, blog,      majalah, dan sebagainya. Gunakan sinonim bila terlalu sering menggunakan sebuah kata. Beberapa    orang sangat sering menggukana kata “dan” atau “juga” bisa divariasi dengan “begitu juga” atau     kata lain yang sesuai.

 

Beberapa cara mengembangkan gaya penulisan:

·      Menulislah dengan cara seperti berbicara.

·      Tulis blog seolah berbicara dengan teman atau anggota keluarga tertentu. Itu sebabnya kebanyakan orang sering memulai postingan blog dengan kata “Dear diary.”

·      Perhatikan audiens, misalnya bila kamu menulis hanya untuk teman dekat dan keluarga.

·      Luangkan waktu mengunjungi blog lain yang akan mirip seperti niche blog.

 

2.    Konsisten update blog

Salah satu cara menulis blog yang menarik banyak pembaca adalah sering melakukan pembaruan blog. Tentukan melakukan update blog mingguan, dua mingguan, atau bulanan, coba konsisten tentang kapan menambahkan postingan baru agar pembaca tahu kapan memperolehnya.

 

3. Buat jadwal posting blog

Cara menulis blog selanjutnya adalah membuat jadwal posting.

 

Tips agar Blog Menarik untuk Dibaca

1.  Perhatikan kualitas konten 

Selalu gunakan konten berkualitas, baik berupa gambar, tulisan, atau ilustrasi. Ketika menulis, lakukan editing berulang kali hingga sempurna, sudah dipercantik, dan dipresentasikan dengan cara yang sangat manis. Konten berkualitas tak akan lekang oleh waktu dan berkesan.

 

2.  Ajak pembaca memberi komentar

Aspek penting dari blog adalah komentar dari pembaca. Ketika mengunjungi sebuah blog, klik komentar tersebut untuk membaca dan memberi komentar.

 

Tip konsisten menulis di Blog:

1.   Tentukan tujuannya

2.   Fokus

3.   Buatlah Outline

4.   Mulai Menulis

5.   Selesaikan tulisan

6.   Publish

7.   Ikut Komunitas

8.   Membaca Tulisan orang lain
9.   Beri Komentar
10. Perkenalkan diri

“Gading mati meninggalkan gading; Harimau mati meninggalkan belang”.

Ungkapan di atas mengandung pengertian bahwa setiap manusia yang meninggal pasti akan dikenang dari semua jasa atau perbuatannya. Jika perbuatannya baik atau bahkan sebaliknya, perbuatanynya buruk, maka akan tetap dikenal meskipun seseorang sudah mati.

 

Pemaparan materi 1 jam lebih dari Pak Dedi tak terasa berlalu begitu cepatnya. Banyak sekali ilmu baru yang penulis dapatkan sampai tidak bisa berkata apa-apa. Rasanya pingin berlama-lama di zoom meeting, tetapi waktu yang membatasi. Untuk lebih lengkapnya bisa berkunjung ke link youtube berikut: https://youtu.be/Bl88ZvLxgq0

Pada sesi Tanya jawab ada beberapa pertanyaan dari peserta zoom yang bisa penulis resume diantaranya:

1.    Mengamankan Kompasiana dg cara memindah ke wordpress kemudian dipindah ke blog kemudian fotonya diganti tetapi judulnya masih mirip
2.    Cara menyikapi teman-teman yang nyinyir dengan aktifitas menulis blog. Tanamkan kesukaan
3.    Bagaimana cara memilih template yang baik di luar fasilitas blog? Memilih template di luar blog dengan memahami coding pemrograman HTML.
Bagaimana menumbuhkan kecintaan ngeblog. Penugasan yang menarik di blog shg anak2 menulis/ mengerjakan tugas dan diberi nilai
4.    Adsense/laku jual tulisan. Adsense untuk menampilkan iklan sehingga menghasilkan uang
5.    Bagimana caranya agar bisa konsisten ngeblog dari gangguan orang di zona nyaman?
 
"Menulis sesuatu yang menjadi trending topik"
(Dedi Dwitagama)

Fakta di lapangan, banyak toko buku yang tutup, Koran Republika unpublish, bahkan di Newyork, Washinton DC yang sudah berumur 100 tahun gulung tikar. Semua buku sudah disalin di blog.

Pandai-pandai memilih blog yang relative aman, seperti Blogger, Blogspot. Jangan memilih blog milik perusahaans sebaba ketika perusahaan bangkrut maka tulisan kita hilang.

Demikian resume hari ini, semoga bermanfaat

Salam literasi

Peresume

 

Moh. Ali Husni - Trenggalek

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Blog di HP

Greeting Card: Pengertian, Fungsi, Struktur Surat, dan Contohnya

Selayang Pandang Narrative Text