Selayang Pandang Narrative Text

Narrative text menjadi salah satu materi ajar pada kurikulum merdeka. Materi ini biasanya diajarkan pada kelas 8 atau level D. Selain itu, narrative text juga sering muncul dalam berbagai ujian atau tes kemampuan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, narrative text ini perlu dipahami dengan baik, mulai dari struktur, ciri, hingga jenis-jenisnya.

A. Pengertian Narrative text

Narrative text adalah sebuah teks yang menceritakan rangkaian suatu peristiwa secara berurutan dan saling terhubung satu sama lain. Jenis teks ini memiliki sifat imajinatif atau cerita khayalan yang bertujuan untuk menghibur pembacanya.

Umumnya narrative text menyajikan sebuah cerita dengan masalah yang dapat memicu konflik untuk menarik minat pembaca. Kemudian, di bagian akhir penulis akan menutupnya dengan akhir cerita yang bahagia atau menyedihkan.

Struktur Narrative Text

Narrative text memiliki struktur yang membangun sebuah cerita dalam narrative text. Secara umum, struktur narrative text ini terdiri dari tiga bagian, yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi.

Berikut struktur narrative text beserta penjelasannya:

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian pengenalan dalam narrative text. Bagian ini memuat latar waktu, latar tempat, dan deskripsi tokoh yang diceritakan dalam tulisan.

2. Komplikasi

Komplikasi merupakan struktur kedua dalam narrative text yang memuat konflik, masalah atau krisis dalam cerita tersebut. Penulis biasanya menjabarkan satu masalah atau lebih, masalah yang dijabarkan pun bisa berupa konflik mayor ataupun konflik minor.

3. Resolusi

Resolusi merupakan bagian akhir dari sebuah narrative text yang memuat pemecahan masalah dari konflik yang terjadi di bagian komplikasi. Resolusi ini menjadi bagian dari cerita dan bisa mengisahkan akhir yang bahagia atau menyedihkan.

3. Reorientation

Reorientation merupakan bagian optional  (boleh ada atau tidak ada). Biasanya berisi moral value/pesan moral.


Ciri-ciri Narrative Text

Setelah memahami struktur narrative text, perlu juga diketahui ciri-cirinya. Ciri-ciri narrative text ini merupakan pembeda narrative text dengan jenis text bahasa Inggris lainnya.

Berikut ini beberapa ciri dari narrative text:

- Umumnya menggunakan kata ganti seperti I, we, she, dan he karena hanya fokus pada satu tokoh dan biasanya individual

- Narrative text umumnya disusun dengan kalimat Past Tense, seperti Simple Past Tense, Past Continuous, dan lainnya

- Beberapa narrative text biasanya menggunakan dialog untuk meningkatkan imajinasi pembaca


Jenis-Jenis Nareative Text

Narrative text memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Folklore

Folklore atau cerita rakyat merupakan cerita turun temurun dari leluhur hingga menjadi sebuah tradisi, baik lisan maupun setengah lisan. Di Indonesia terdapat beberapa cerita rakyat yang cukup terkenal, salah satunya adalah Bawang Merah Bawang Putih.

2. Fabel

Fabel merupakan cerita tentang binatang yang seakan-akan berperilaku menyerupai manusia, salah satu contohnya yaitu cerita Si Kancil dan Buaya. Fabel merupakan salah satu jenis narrative text yang mengandung banyak pesan moral.

3. Mitos

Mitos atau myth dalam bahasa Inggris adalah kisah yang berlatar masa lalu. Umumnya mitos ini bercerita tentang dewa-dewa atau pahlawan yang mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam.

4. Legenda

Legenda atau legend merupakan salah satu contoh narrative text berupa cerita rakyat zaman dahulu. Legenda biasanya menceritakan asal-usul atau peristiwa sejarah atau tempat.

Adapun contoh legenda yang cukup terkenal yaitu cerita tentang Danau Toba dan cerita tentang Gunung Tangkuban Perahu.

5. Dongeng

Dongeng atau yang dalam bahasa Inggris disebut fairytale merupakan cerita yang biasanya dibacakan kepada anak-anak menjelang tidur. Dongeng memiliki arti cerita ajaib yang tidak benar-benar terjadi atau hanya sekadar khayalan.

6. Cerita Romansa

Contoh narrative text selanjutnya yaitu cerita romansa atau yang dalam bahasa Inggris disebut romance/love story. Sesuai namanya, cerita romansa merupakan salah satu jenis narrative text yang berfokus pada kisah percintaan.

Contoh cerita romansa yang cukup terkenal di dunia yaitu kisah Romeo and Juliet dan cerita Layla Majnun.

7. Cerita Misteri

Cerita misteri merupakan salah satu jenis narrative text berupa cerita misteri atau cerita-cerita yang belum diketahui secara pasti.

8. Cerita Horor

Cerita horor adalah jenis narrative text yang di dalamnya mengandung cerita-cerita seram tentang hantu dan makhluk tak kasat mata lainnya.

9. Cerita Petualangan

Cerita Petualangan atau dalam bahasa Inggris disebut adventure stories merupakan salah satu jenis narrative text yang memuat cerita tentang petualangan menarik dan menantang. Salah satu contoh cerita petualangan yaitu Sinbad dan Alibaba.

10. Cerita Sejarah

Jenis narrative text berikutnya yaitu cerita sejarah atau historical narrative. Cerita sejarah ini biasanya memuat tentang kisah atau asal mula fakta kejadian masa lalu yang memiliki nilai sejarah.

Salah satu contoh jenis narrative text historical review yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Perang Diponegoro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Blog di HP

Greeting Card: Pengertian, Fungsi, Struktur Surat, dan Contohnya