Ayo Nulis Bahan Ajar
AYO NULIS BAHAN AJAR
Resume Ke- : 19
Gelombang : 28
Tanggal : 20 Februari 2023
Tema : Bahan Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd
Moderator : Mutmainah, S.Pd
Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen
Assalamualaikum,
Salam literasi sahabat menulis KBMN se-Nusantara.
Alhamdulillah... Ditengah-tengah membersamai Jamaah masjid pada kegiatan peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H, bisa mengikuti pertemuan KBMN gelombang ke-28 pertemuan ke-19. Materi malam ini sangat dibutuhkan oleh para pendidik, yaitu Bahan Ajar. Kita mendapatkan curahan lautan ilmu dari narasumber yang luar biasa, Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. dan dipandu oleh moderator berpengalaman, Ibu Mutmainah.
Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cumlaude Prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar Doktor Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama Prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu. Semoga buku ibu Dr. Mudafiatun juga menemukan takdir sebagai buku best seller sebagai buku non fiksi. Aamiin…
Materi yang beliau kupas diantara:
A. Perbedaan antara Bahan Ajar dan Buku Ajar
Menurut National Centre for Competency Based Training (2007), Bahan Ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan siswa/mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis. Materi yang disusun secara sistematis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar. adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran. lis. Pandangan dari ahli lainnya mengatakan bahwa bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis, baik tertulis maupun tidak tertulis, sehingga tercipta suatu lingkungan atau suasana yang memungkinkan siswa belajar. Menurut Panen (2001) mengungkapkan bahwa bahan ajar merupakan bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran (Andi,2011:16).
Menurut
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (2008:6), pengertian bahan ajar
adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan
tertulis maupun bahan tidak tertulis. Berdasarkan definisi-definisi tersebut,
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar merupakan komponen pembelajaran yang
digunakan oleh guru sebagai bahan belajar bagi siswa dan membantu guru dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Sedangkan Buku Ajar atau Buku Pelajaran merupakan salah satu bentuk bahan ajar. Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001). Buku ajar dikenal pula dengan sebutan buku teks, buku materi, buku paket, atau buku panduan belajar. Bentuknya bisa berupa buku teks, buku paket, buku materi, hingga buku panduan belajar.
B. Jenis Bahan Ajar dan Buku Ajar
1. Bahan Ajar Cetak
Bahan ajar cetak meliputi: Buku Teks, Buku Referensi dan Monograf, Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ, Panduan = Petunjuk = Pedoman, Atlas = Peta, Diagram = Poster, Brosur = Leaflet = Manual, Majalah dan Lembar Kerja Siswa.
2. Bahan Ajar non-Cetak
Bahan Ajar non-Cetak meliputi: Internet = Web Based Courses = e-learning, CAI = Pembelajaran, Berbantuan Komputer, Slide, Video / TV, Audio / Radio.
Jenis bahan ajar dibedakan atas beberapa kriteria pengelompokan. Menurut Koesnandar (2008), jenis bahan ajar berdasarkan subjeknya terdiri dari dua jenis antara lain: (a) bahan ajar yang sengaja dirancang untuk belajar, seperti buku, handouts, LKS dan modul; (b) bahan ajar yang tidak dirancang namun dapat dimanfaatkan untuk belajar, misalnya kliping, koran, film, iklan atau berita. Koesnandar juga menyatakan bahwa jika ditinjau dari fungsinya, maka bahan ajar yang dirancang terdiri atas tiga kelompok yaitu bahan presentasi, bahan referensi, dan bahan belajar mandiri
3. Buku Ajar
Buku Ajar meilputi: Buku Modul, Diktat, Petunjuk Praktikum, Naskah Tutorial, buku referensi dan Monograf.
C. Manfaat Buku Ajar
1. Siswa mendapat bimbingan yang lebih banyak dari guru.
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Bagi Guru/Dosen:
C. Manfaat Buku Ajar
1. Siswa mendapat bimbingan yang lebih banyak dari guru.
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
Bagi Guru/Dosen:
D. Perbedaan Buku Ajar dan Buku Teks
Buku Teks pada umumnya:
1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara linier.
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman.
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.
E. Cara Penyusunan Buku Ajar
1. Penataan Informasi (compilation text)
F. Prinsip-Prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar
1. Prinsip Relevansi
Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.
2. Prinsip Konsistensi/Keajegan
Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. Prinsip Kecukupan
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
G. Sistematika Buku Ajar
1. BAB 1 Pendahuluan
Tinjauan Mata Pelajaran: Prakata
1. Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa
2. Identitas Mata Kuliah
3. Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar
4. Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa
5. Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB II
Pendahuluan, terdiri dari: Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut dan Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi peserta didik/mahasiswa.
3. BAB III Penyajian:
1. Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.
2. Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.
3. Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi.
4. Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.
4. BAB IV Penutup:
1. Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan Akhir.
2. Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes).
3. Tindak lanjut.
6. DAFTAR PUSTAKA
Di akhir pemaparan materi, narasumber menutup dengan pantun:
Tak lupa beli piring melamin
Sampai jumpa hadirin semuanya
Semoga bertemu di kesempatan lain
Bersama guru binaan bpk Wijaya kusuma
Demikian resume yang bisa penulis tuangkan dalam untaian kata-kata. Semoga bermanfaat dan menjadi pemacu untuk terus berkarya.
Wassalamu’alaikum…
Salam Literasi!!!


Komentar
Posting Komentar